Kampus Merdeka: Penjelasan Lengkap dan Program-Programnya

Perkembangan teknologi yang semakin canggih membuat Kemendikbud terus berinovasi dalam menciptakan metode pembelajaran di perguruan tinggi.

Oleh karena itu, saat ini Kemendikbud membuat program di mana mahasiswa tidak hanya dapat melakukan pembelajaran di kelas saja. Akan tetapi, mereka bebas memilih untuk belajar di mana saja.

Program tersebut adalah Kampus Merdeka. Program ini dibuat agar mahasiswa dapat mengeksplorasi pengetahuan serta keterampilannya yang nantinya digunakan sebagai bekal untuk menghadapi dunia kerja.

Lalu apa itu Kampus Merdeka? Apa saja bentuk programnya? Untuk mengetahui lebih detail, mari kita simak artikel berikut ini.

Apa Itu Kampus Merdeka?

Kampus merdeka adalah program Kementrian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia yang bertujuan untuk mempersiapkan generasi terbaik Indonesia.

Kampus merdeka merupakan bagian dari kebijakan Kemendikbud yang memberikan kesempatan bagi mahasiswa untuk mengasah kemampuan sesuai minat dan bakat mereka dengan terjun ke dunia kerja secara langsung.

Melalui program ini, para mahasiswa nantinya akan mengimplementasikan pengetahuan yang telah didapat di perkuliahan.

Program ini diselenggarakan dalam waktu 1 sampai 2 semester. Selain itu, kamu yang mengikuti program ini nantinya akan mendapat beberapa keuntungan diantaranya:

  1. Kegiatan praktek lapangan bisa dikonversi menjadi SKS
  2. Bisa bebas mengeksplorasi pengetahuan dan kemampuan di lapangan selama lebih dari satu semester
  3. Bisa belajar dan memperluas relasi di luar lingkungan kampus asal kamu.
  4. Memiliki kesempatan untuk mencari ilmu langsung dari ahlinya.

Baca Juga: 5 Tips Cepat Belajar Public Speaking Biar Makin Jago

Bentuk Kegiatan Kampus Merdeka 

Ada beberapa bentuk kegiatan kampus merdeka yang bisa kamu pilih, di antaranya adalah:

1. Indonesian International Student Mobility Awards (IISMA)

Indonesian International Student Mobility Awards merupakan program beasiswa dari pemerintah Indonesia untuk merasakan pengalaman berkuliah di kampus luar negeri selama 1 semester. 

Program ini ditujukan untuk mahasiswa program Sarjana. Selain itu, mahasiswa yang mengikuti program ini juga bisa melakukan pertukaran budaya antar negara.

2. Gerakan Inisiatif Listrik Tenaga Surya (Gerilya)

Bagi kamu yang tertarik dengan sumber energi, kamu bisa mengikuti program ini. Gerakan Inisiatif Listrik Tenaga Surya adalah program yang mengembangkan kompetensi di bidang energi bersih khususnya pada Solar Photovoltaic (PV).

Program ini akan berlangsung selama 1 semester, dimana 10 minggu digunakan untuk pembelajaran dan 12 minggu lainnya digunakan untuk team-based project. Program ini ditujukan hanya untuk mahasiswa semester 5 program eksakta.

3. Magang

Program magang dilaksanakan selama 1 sampai 2 semester. Kamu bebas memilih bidang yang kamu minati di perusahaan yang telah bekerja sama dengan kampus kamu.

Kalau kamu tidak menemukan tempat magang yang tidak sesuai dengan jurusanmu jangan khawatir, kamu juga bisa magang di tempat yang bidangnya berbeda dengan jurusanmu.

4. Pertukaran Mahasiswa Tanah Air Nusantara (Permata)

Program ini akan memfasilitasi kamu yang ingin merasakan belajar di kampus lain. Jangan khawatir untuk masalah SKS. Karena bobot SKS yang kamu tempuh di kampus lain, nantinya akan dikonversikan ke SKS yang ada di jurusanmu.

5. Riset Atas Penelitian

Program yang satu ini diadakan bagi kamu yang senang melakukan riset di bidang akademik. Ada beberapa riset yang bisa kamu pilih diantaranya LIPI/BRIN, LAPAN, NASA, Perguruan Tinggi, atau lainnya.

6. Studi Independen atau Proyek independen

Proyek independen adalah program bagi mahasiswa yang ingin menambah kemampuannya dengan belajar melalui aktivitas di luar kampus.

Mahasiswa yang mengikuti program ini akan mengerjakan sebuah proyek. Ada beberapa pilihan studi atau proyek, diantaranya:

  • Kuliah Kerja Nyata Tematik (KKN Tematik)

KKN ini akan memberikan pengalaman kepada mahasiswa untuk hidup ditengah-tengah masyarakat untuk menggali potensi daerah dan mengatasi masalah yang terdapat di daerah tersebut.

  • Kampus Mengajar

Mahasiswa yang mengikuti program ini akan membantu guru-guru dalam melaksanakan pembelajaran dan akan mendapatkan bantuan biaya hidup dan biaya kuliah. Kegiatan kampus belajar ini akan berlangsung selama 1 semester. 

  • Wirausaha

Program wirausaha merupakan kegiatan kewirausahaan yang dibimbing oleh seorang dosen dan kemudian dibuktikan dengan proposal kegiatan kewirausahaan dan lampiran bukti transaksi konsumen atau dengan slip gaji pegawai.

Tujuan dari program ini adalah untuk mengelola potensi dan menumbuhkan minat mahasiswa dalam berwirausaha. 

  • Proyek Kemanusiaan

Program ini berkaitan dengan kehidupan masyarakat. Melalui program ini, para mahasiswa diharapkan mampu memberikan gagasan atau ide sebagai solusi pemecahan permasalahan sosial.

Baca Juga: Soft Skill Adalah: Contoh dan 12 Cara Meningkatkannya

Nah, jadi itulah pengertian tentang Kampus Merdeka dan apa saja program-programnya. Kampus merdeka memiliki 6 program yang bisa kamu pilih. Gimana, programnya menarik bukan? 

Kamu bisa temukan artikel pengetahuan lainnya di Ilmu. Di sana kamu juga bisa mengikuti tes minat bakat untuk mengetahui potensi diri kamu dan menemukan karir yang tepat untukmu.